Perlu untuk Diketahui, Inilah Gejala Fimosis

Pria perlu lebih memperhatikan kesehatan penis mereka, karena organ vital adalah aset penting bagi pria. Phimosis adalah salah satu kelainan pada penis yang harus diperhatikan pria. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria yang tidak dipotong di mana kulit khatan melekat erat pada kepala penis, sehingga tidak dapat ditarik keluar dari kepala penis. Jika tidak segera diobati, phimosis dapat membuat penis sulit dibersihkan, membuatnya rentan terhadap infeksi. Karena itu, beri tahu kami gejala-gejala phimosis sehingga mereka dapat diobati dengan cepat.

Padahal, phimosis masih dianggap normal jika terjadi pada bayi atau anak kecil. Anak-anak dari usia dua hingga enam tahun juga paling sering mengalami phimosis. Seiring bertambahnya usia, kulup penis harus bisa terpisah secara alami dari kepala penis. Namun pada beberapa anak-anak, kulup penis hanya dapat ditarik pada usia 17 tahun. Jika kondisi ini berlanjut sampai orang dewasa menyebabkan gejala yang mengganggu, seperti buang air kecil, hubungi dokter segera untuk menerima perawatan medis sesegera mungkin. Pengobatan dini phimosis juga dapat mencegah masalah kesehatan lebih lanjut.

Phimosis biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala. Namun, kondisi ini terkadang membuat sulit untuk membersihkan kotoran di bawah kulup penis, membuat penis rentan terhadap infeksi. Jika infeksinya parah, orang tersebut mungkin mengalami gejala berupa kulit indah yang menjadi merah, bengkak, atau nyeri. Selain itu, phimosis juga dapat menyebabkan orang yang mengalami kesulitan buang air kecil, memiliki kondisi seksual seperti sakit kulit atau retak pada penis, atau kurangnya perasaan selama hubungan seksual.

Sebagian besar kasus phimosis bukan masalah serius, sehingga mereka tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, jika kondisi ini menyebabkan gejala yang tidak hanya mengganggu aktivitas pasien, dokter dapat memberikan obat untuk meredakan gejala yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *