Manfaat Penerapan Asi Eksklusif untuk Kesehatan Si Kecil

Bayi yang baru saja dilahirkan tidak bisa langsung makan minum seperti orang dewasa. Tuhan telah menciptakan makanan dan minuman alami yang dibutuhkan bayi dari ibu yaitu ASI atau air susu ibu. Hingga usia bayi menginjak 6 bulan, bayi hanya diberikan asi saja sehingga periode ini sering disebut sebagai asi eksklusifHingga usia 6 bulan, bayi tidak boleh diberikan makanan atau minuman apapun termasuk air putih karena hanya asi saja yang aman dan mengandung nutrisi seimbang. Bagi Anda calon ibu yang masih belum paham betul mengenai sistem asi penuh kepada bayi selama 6 bulan dan bagaimana pada periode selanjutnya, berikut ini adalah penjelasan lebih detailnya sebagai informasi bagi Anda.

Bayi usia 0 hingga 6 bulan hanya diberikan asi ibu selama ia menginginkannya. Berarti selama bayi lapar, asi ibu harus siap sedia untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Inilah yang membuat munculnya istilah pejuang ASI dimana ibu harus memompa asi untuk disediakan di dalam botol-botol yang dapat digunakan bayi kapanpun si kecil menginginkannya. Fenomena ini biasa terjadi bagi ibu bekerja yang tidak bisa setiap saat berada di samping buah hatinya. Botol berisi asi dapat disimpan di freezer untuk kemudian dihangatkan satu per satu sebagai cadangan minuman dan makanan saat bayi merasa lapar.

Perlu diingatkan lagi bahwa sebelum genap usia 6 bulan bayi tidak memerlukan makanan dan minuman lain selain asi. Lalu bagaimana jika asi ibu tidak mencukupi untuk si kecil? Pada kondisi ini ada beberapa pilihan yang bisa ibu ambil yaitu dengan memilih susu formula pengganti asi atau menemukan ibu susuan yang memiliki produksi asi berlebih sehingga dapat menjadi pengganti asi Anda untuk si kecil. Selama menggunakan susu pengganti baik asi atau susu formula, tetap jangan berikan makanan lain pada bayi hingga menginjak usia 6 bulan. hal ini juga disebabkan karena sistem pencernaan bayi yang belum sempurna untuk mencerna makanan hingga ia berusia 6 bulan ke atas.

Ada banyak sekali manfaat memberikan asi saja pada bayi hingga usia mencapai 6 bulan. ASI mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh bayi dalam usia pertumbuhannya. Asi yang keluar pertama kali dengan warna kuning kental mengandung kolostrum yang mengandung nutrisi untuk kekebalan tubuh bayi. Jangan terlambat memberikannya pada si kecil karena akan menjadi bekal bagi sistem kekebalan tubuhnya untuk melawan penyakit hingga kelak ia dewasa. Pemberian asi juga mencegah bayi tumbuh dengan kelebihan berat badan. Karena meski memiliki nutrisi yang lengkap namun jumlahnya seimbang dibandingkan jika Anda memberi bayi minum susu formula. Meski banyak yang beranggapan bayi akan lucu jika tumbuh gemuk namun hal ini juga membuat bayi memiliki sistem peredaran darah yang buruk karena banyak timbunan lemak sama seperti orang dewasa.

Setelah bayi melewati usia 6 bulan, asi eksklusif diteruskan dengan memberikan makanan pendamping asi pada bayi. Makanan tersebut bisa berupa bubur atau buah yang dilembutkan. Pemberiannya sedikit demi sedikit namun dalam jadwal yang lebih sering. Anda juga bisa memberikan selingan susu formula jika mengalami kendala pada produksi asi. Dengan mematuhi anjuran pemberian asi dan makanan pendamping, diharapkan bayi Anda akan tumbuh dengan sehat dan kuat memiliki sistem kekebalan tubuh yang membuatnya menang melawan bibit penyakit. Selain itu sistem pencernaan juga akan sempurna dengan dijauhkan dari reaksi alergi yang dapat timbul karena pencernaan belum siap menerima makanan selain asi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *