Liverpool vs Leeds United: Potensi Tercipta Banyak Gol

Duel Liverpool vs Leeds United pada pekan pertama Liga Inggris 2020/21 akan berlangsung di Stadion Anfield pada Sabtu (12/9/2020) pukul 23.30 WIB. Dikutip dari dominoqq kika melihat rekor head-to-head dari lima laga terakhir, The Reds jelas bisa jadi pilihan.

Sebagai juara bertahan, Liverpool menginginkan awal yang baik untuk pertandingan Premier League pertama mereka musim ini, membuktikan bahwa performa Mohamed Salah dan rekan satu timnya tetap berada di level tertinggi. Pasalnya, dari rangkaian laga uji coba pramusim, penampilan tim asuhan Jurgen Klopp tidak terlalu bagus.

Setelah menang melawan Stuttgart (3-0), Liverpool hanya bermain imbang dengan Salzburg (2-2) dan kalah dari Arsenal melalui adu penalti di Community Shield. Sedangkan pada laga uji coba terakhir melawan Blackpool, The Reds menang dengan skor 7-2.

Situasinya harus berbeda pada pertandingan malam ini. Apalagi kini Jurgen Klopp bisa bernapas lega dengan kembalinya beberapa pemain yang sebelumnya absen berlaga di UEFA Nations League seperti Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, dan Virgil van Dijk.

Meski lawannya adalah tim promosi, Klopp yakin tim asuhan Marcelo Bielsa tidak bisa dianggap remeh. Dari sudut pandang Klopp, persaingan akan berjalan cepat dan membutuhkan perhatian dari setiap pemain yang dikirim.

“Jika kami tidak siap dengan intensitas pertandingan, ini berarti kami dalam masalah, 100%, karena mereka [Leeds United] akan selalu siap,” kata Jurgen Klopp dalam konferensi pers pra-pertandingannya.

Tak hanya mengungguli rekor pertandingan, Liverpool Klopp juga memiliki rekor gemilang saat bermain di laga pembuka Liga Inggris. Sejak kedatangannya di Anfield, manajer asal Jerman itu telah meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Di sisi lain, Leeds United cukup heboh dengan laga pembuka mereka di Premier League sejak terakhir kali tampil di divisi teratas 16 tahun silam.

Di atas kertas, materi pemain Leeds ada di bawah tuan rumah. Namun, instruksi Marcelo Bielsa untuk tampil penuh determinasi selama pertandingan bisa membuat perbedaan.

“Saya pikir para pemain, staf dan semua orang di klub sangat senang, terutama para penggemar yang tidak sabar melihat kami memainkan pertandingan yang hebat,” kata gelandang Leeds United Pablo Hernandez seperti dikutip situs resmi klub.

Tekad Leeds tidak hanya untuk “melakukan operan” di Premier League terbukti di bursa transfer. Mereka melakukan perbaikan dengan merekrut Rodrigo Moreno dari Valencia yang menjadikannya rekor klub termahal (£ 26 juta).

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya menjadi pemain termahal di klub. Namun, ini tidak terlalu menekan. Liga Inggris istimewa karena sangat kompetitif. Kami selalu ingin bertemu Liverpool, Tottenham atau Manchester City,” kata Rodrigo.

Potensi melahirkan banyak tujuan

Musim lalu di Divisi Championship, Leeds United menjadi tim tersubur kedua setelah Brentford dengan cetakan 77 gol. Begitu pun dengan Liverpool. The Reds tercatat sebagai tim paling produktif kedua di Liga Inggris setelah Man City, dengan 85 gol yang dicetak musim lalu.

Di sisi permainan, kedua tim harus tampil menyerang. Jika tuan rumah didukung pemain-pemain ternama seperti Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino, Leeds cenderung mengandalkan stamina fisik dan konsistensi dalam hal pengorganisasian permainan.

Kesempatan mencetak begitu banyak gol juga didukung oleh catatan Jurgen Klopp saat ia menjalani pertandingan pertamanya di setiap musim baru bersama Liverpool di Liga Inggris. Sejak 2016, setidaknya tiga gol selalu dicetak di partai pertama Liverpool.

Pada 2016, Liverpool menang 3-4 atas Arsenal. Pasukan Klopp kemudian bermain imbang 3-3 melawan Watford pada 2017. Setahun kemudian, Liverpool menang atas West Ham 4-0 dan, baru-baru ini, James Milner dan rekan satu timnya mencetak tiga poin berkat hasil 4-1. melawan Norwich.

Dengan rekor tersebut, Liverpool diharapkan bisa menang di laga pertama malam nanti, meski tidak dengan cara yang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *