Kenapa Pengajuan Kredit Anda Ditolak?

Tahukah Anda bahwa layanan Sistem Informasi Debitur (SID) yang biasa disebut dengan BI Checking berubah nama menjadi Sistem Informasi Informasi Keuangan (SLIK)? Pemeriksaan BI yang semula dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) kini telah bertransformasi menjadi SLIK di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 1 Januari 2018. SLIK berisi data pinjaman peminjam, data peminjam, penyiapan dana, jaminan , penjamin, manajemen dan pemilik, serta keuangan peminjam.

OJK menegaskan, SLIK tidak memuat data simpanan peminjam. Data pinjaman debitur di SLIK terdiri dari riwayat kredit yaitu kartu kredit, kredit kendaraan bermotor (KKB), kredit pemilikan rumah (KPR), pinjaman tanpa jaminan (KTA) dan jenis kredit lain di bank. Nah, berhubung SLIK adalah sebuah sistem yang salah satunya memuat catatan riwayat kredit nasabah, tidak mengherankan jika ada permintaan pinjaman bank dari nasabah yang diterima atau ditolak.

Jika pengajuan kredit ditolak, ini berarti reputasi kredit Anda buruk. Anda menghadapi masalah, seperti tidak membayar tagihan atau terlambat. Semuanya akan tercatat di SLIK. Bank atau lembaga keuangan dan lembaga keuangan non bank dapat mengakses informasi historis tentang peminjam individu (UID).

1. Mungkin memiliki kredit buruk

Apabila Anda tidak pernah melakukan pembayaran angsuran kredit yang mengakibatkan kredit macet, maka akan muncul pada UID historis di SLIK OJK. Artinya ada rekor yang buruk. Jadi jika Anda memiliki pinjaman, bayarlah tagihan Anda secara rutin setiap bulan. Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan cicilan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda agar terhindar dari pinjaman macet.

2. Kemaruk mengajukan kredit

Rapor IDI bersejarah di SLIK bisa berubah menjadi merah jika terlalu rakus untuk mengambilnya. Apalagi jika gajinya pas-pasan. Saya belum melunasi hutang kartu kredit saya, misalnya, tapi saya sudah mengajukan pinjaman KTA. Kemudian, karena hanya memiliki sedikit cicilan, mereka membenci kartu kredit tambahan. Ini dapat mengakibatkan aplikasi Anda ditolak. Khawatir Anda malah membuat pinjaman bermasalah Karena salah satu keunggulan SLIK OJK bagi kreditor adalah mengurangi risiko kredit macet di kemudian hari. Jadi pastikan Anda hanya meminjam saat Anda benar-benar membutuhkannya. Lunasi hutang, lalu tawar lagi agar tidak mendapat masalah nantinya.

3. Berapa telat membayar cicilan

Apakah pengajuan kredit Anda telah ditolak? Ini mungkin karena Anda suka melunasi hipotek, kartu kredit dan lainnya terlambat. Penundaan ini akan dicatat dalam sejarah kredit di SLIK OJK. Kedengarannya sepele, tapi bisa berdampak negatif bagi Anda, sehingga sulit bagi Anda untuk melakukan pinjaman lagi. Apapun jenis kredit yang Anda butuhkan, selalu bayar tagihan Anda tepat waktu. Jika perlu, sebelum tanggal kedaluwarsa. Lebih baik lagi, bayar segera setelah hari gajian tiba. Gunakan penagihan otomatis langsung dari akun penggajian Anda.

Pastikan kartu kredit Anda dalam kondisi baik

Jika pengajuan kredit Anda diterima oleh bank, bukan bank atau lembaga keuangan, baik itu kartu kredit, KTA, KMG, KPR atau KKB, gunakan dengan bijak. Tentunya untuk sesuatu yang produktif, sehingga pinjaman tersebut dapat bermanfaat dan menghasilkan uang. Kemudian bayar tagihan atau cicilan Anda tepat waktu. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga sejarah kredit Anda bersih dan rapi. Agar pengajuan pinjaman Anda di lain waktu tidak ditolak karena catatan kredit negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *