Bercerita Tentang Kekerasan Terhadap Anak Perempuan dan Anak-Anak, Djenar Maesa Ayu Membuat Film Mereka Bilang, Saya Monyet!

Informasi Film ‘Mereka Bilang, Saya Monyet!’

Sutradara                     : Djenar Maesa Ayu

Produser                      : Djenar Maesa Ayu, Riyadh Assegaf

Penulis                         : Djenar Maesa Ayu, Indra Herlambang

Pemeran                      : Titi Sjuman, Henidar Amroe

Musik                          : Aksan Sjuman, Titi Sjuman

Tanggal Rilis               : 28 Desember 2007

Durasi                          : 90 menit

Jika mendengar tulisan Djenar Maesa Ayu, pasti yang kalian fikirkan adalah vulgar, seks, perempuan, dan bahasa yang straight. Ya, Djenar adalah seorang penulis Indonesia yang terkenal melalui karya-karyanya dengan tema kehidupan metropolitan, seperti membawakan tema seksualitas menggunakan bahasa yang straight. Meski Djenar sering menerima banyak kritik dari berbagai kalangan mengenai karya-karya yang dibuatnya, tulisan yang dihasilkan masih sedap untuk dibaca sampai sekarang. Bahkan salah satu karyanya yang berjudul ‘Mereka Bilang, Saya Monyet!’ suah dilakukan beberapa kali cetak. Tulisannya yang cukup berani dan khas ini, serta mempertahankan karyanya walaupun ia menerima kecaman dan kritik pedas, Djenar merupakan salah satu penulis yang patut diberi penghargaan.

Pada tahun 2007 lalu, karya Djenar yang berjudul ‘Mereka Bilang, Saya Monyet!’ sukses diadaptasi ke layar lebar. Djenar sendiri mengatakan bahwa tema yang diangkat pada film ini mengisahkan tentang realitas yang terjadi saat ini mengenai angka kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak yang tinggi, serta minimnya edukasi terhadap hak asasi manusia (HAM) yang dimiliki setiap personal masyarakat. Dikemas dengan apik dan isi ceritanya yang sangat menarik membuat para penonton banyak yang menantikan kehadiran film ini. Maka tak heran pula bahwa film ini menyabet beberapa penghargaan di Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2009, di antaranya (1) Pemenang Pemeran Wanita Terbaik diberikan oleh Titi Sjuman, (2) Pemenang Pemeran Pendukung Wanita Terbaik diberikan oleh Henidar Amroe, dan (3) Pemenang Skenario Adaptasi Terbaik diberikan oleh Djenar Maesa Ayu dan Indra Herlambang. Selain itu, film ini juga masuk nominasi dalam kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Editing Film Terbaik.

Sinopsis Film ‘Mereka Bilang, Saya Monyet!’

Berkisah tentang seorang penulis anak muda yang terjebak dalam kehidupan sehari-harinya, ia bernama Adjeng. Adjeng memiliki kepribadian yang berbeda jika dihadapkan oleh keluarga dan teman-temannya. Ia bersikap pasif dan penurut karena Ibunya yang bersifat terlalu overprotektif. Segala sesuatu yang diperintahkan oleh ibunya, Adjeng harus menurutinya. Misalnya, ibunya akan sangat marah apabila Adjeng tidak memakan makanan pembelian ibunya. Bahkan yang lebih parah lagi, ibunya pernah menyuruh Adjeng untuk memakan kembali makanan yang sudah dimuntahkan.

Berbanding terbalik jika ia bersama teman-temannya, Adjeng bersikap agresif dan suka bertindak tanpa pikir panjang. Menurut Adjeng, hanya dengan teman-temannya ia bisa bebas dalam menjalani kehidupannya. Suatu ketika saat setelah Adjeng berhenti menjadi seorang penulis, setiap malam ia selalu pergi ke diskotik bersama teman-temannya. Namun, baying-bayang masa lalu selalu menghantuinya mengenai pelecehan seksual yang dilakukan oleh ayah Adjeng kepadanya saat remaja.

Inti cerita dari film ini adalah beberapa wanita pada film ini memiliki masalah yang berbeda namun benang merahnya tetap sama, yaitu mereka tidak mampu dalam menghadapi suatu permasalahan. Nah, jika kalian penasaran untuk kelanjutan ceritanya bisa ditonton melalui situs bioskop live streaming di Indonesia. Meskipun film ini telah lama dirilis, namun masih banyak situs bioksop live streaming online yang bisa kalian gunakan untuk menonton film ini, salah satunya adalah Bioskop Online. Kalian bisa mengaksesnya melalui halaman www.bioskoponline.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *